caleg calegdiasporaDra. Retno Susilowati Amir, S.H | KYC Diaspora
Change your cover photo
Change your cover photo
This user account status is Approved

This user has not added any information to their profile yet.

Partai Golongan Karya
5
62816820635


Salam untuk Diaspora di seluruh dunia, Assalamualaikum WW,

Perkenalkan nama saya Retno Susilowati Amir dan panggilan sehari hari Watty Amir. Saya kader partai Golkar yang berjuang dari bawah sejak usia muda belia, aktif dalam organisasi sosial dan kemasyarakatan.

Sejak mahasiswa awal saya aktif di IMK atau Ikatan Mahasiswa Kebayoran karena saya tinggal di Jl. Krinci Kebayoran Baru Jaksel dan saya dilahirkan di Rumah Sakit bersalin Boedi Kemuliaan Jakarta Pusat. Saya aktif di Organisasi FKPPI atau Forum Komunikasi Putra Putri Purnawan ABRI sejak tahun 1978. Pada waktu itu ketua umumnya Bang Surya Paloh sekarang Ketua Nasdem. Setelah itu, saya aktif di dpp knpi yg ketua umumnya Bang Akbar Tanjung, aktif di HWK atau Himpunan Wanita Karya DKI dan AMPI dan aktif di KPPG sebagai Bendum.

Saya juga aktif sebagai Wakil Sekretaris Golkar DKI selama 15 tahun. Lalu meningkat sebagai pengurus DPP Golkar Departemen Wanita dibawah kepemimpinan bang Akbar Tanjung. Selanjutnya, saya aktif di kepengurusan DPP GOLKAR dibawah Ketumnya Bapak Jusuf Kalla dan aktif sebagai pengurus harian Wakil Bendahara umum yg ketua umumnya bapak Aburizal Bakrie dan sampai sekarang menjabat sebagai Dewan Pakar yg mana ketuanya Bapak Agung Laksono.

Saya kuliah di Akademi Bahasa, pernah kuliah di ASMI dan Perhotelan. Saya berlatar belakang pendidikan sarjana ilmu administrasi Universitas Atmajaya FIA 82 dan Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia atau UKI. Saya pernah mengikuti Kursus Lemhannas atau Lembaga Ketahanan Nasional KSA 9 tahun 2001 pada waktu itu Gubernurnya Bapak Let.Jen Johni Lumintang mantan Dubes RI di Filipina. Saya pernah aktif di Dewan Pertimbangan Kemasyarakatan di bawah Departemen Kumham. Saya pernah bekerja pada Perusahaan Multi Nasional yg begerak dibidang Migas, konsultan dll. Pada waktu itu pemilik perusahaan tsb Alm Tony Agua Ardie, mantan Ketua Umum Permias.

Prinsip Hidup saya learning by doing. Saya berasal dari keluarga besar Purnawirawan TNI AD oleh karena itu saya aktif di FKPPI sd sekarang di Dewan Penasehat dan lahir dari rahim seorang Ibu Pejuang dan saya sampai dengan sekarang berhimpun di Paguyuban Wanita Penerus Pejuang. Sejak kecil saya telah menghirup Aroma semangat dan jiwa kejuangan yg tertanam dalam sanubari saya untuk selalu mengabdi kepada masyarakat bangsa dan negara Republik Indonesia. Saya pernah menjadi anggota DPR RI periode 1997 -2002 dan anggota DPR-RI 2004 - 2009.

Issue dwi kewarganegaraan berpegang kepada Undang Undang No 12 tahun 2006; ada beberapa asas dalam undang undang yaitu asas tunggal dan asas kewarnegaraan ganda terbatas. Asas kewarganegaraan tunggal adalah asas yg menentukan bahwa kewarganegaraan Indonesia bersifat tunggal tidak boleh ada dwikewarganegaraan sedangkan asas ganda terbatas adalah asas yg menentukan kewarganegaraan ganda bagi anak anak sesuai ketentuan yg diatur dalam UU no.12tahun 2006 tentang Kewarganegaraan. Seorang anak boleh memiliki dwi kewarganegaraan jika belum berusia 17/18 tahun belum menikah masih ada dibawah pengapuan orang tua. Jika sudah tidak memenuhi hal tersebut lagi, maka anak tersebut harus memilih kewarganegaraannya.

Pekerja Migran Indonesia/TKI, sesuai undang-undang Negara Republik Indonesia 1945 pasal 27 ayat 2, tiap tiap warganegara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi Kemanusiaan. Namun demikian, hendaknya tenaga kerja migran yg keluar negeri dibekali kemampuan Skill yg memadai dan bahasa Inggrisnya juga harus ditingkatkan supaya terjadi miskomunikasi. Sehingga mereka mendapat pekerjaan yg layak harkat martabat kemanusiaan BNP2 TKI betul harus menjalankan fungsinya dan pengawasannya kepada perusahaan perusahaan pengiriman TKI. DPR harus mengawasi pemerintah dan perusahaan tersebut agar berlaku sesuai regulasi yg ada dan kemudian mengawasi unsur penegakkan hukumnya. Dan saya sebagai wanita sangat perihatin sekali terhadap pekerja tki perempuan yg mengalami tindakan kekerasan oleh majikannya.

Usaha yg dilakukan diaspora hendaknya menjadi perhatian betul dari Pemerintah. Dengan memberikan pelayanan yg baik kepada para migrant.

Kami mengajak para diaspora, terus berkarya dengan segala potensi yang anda miliki dan tetap peduli terhadap semua tantangan dan perjuangan dan saudara sudara ini merupakan pahlawan devisa bagi bangsa dan negara.untuk itu Pemerintah hendaknya melindungi hak hak TKI di luar negeri. Melindungi dalam hal kontrak kerja, pekerjaan yang layak, gaji memadai dan dari kekerasan maupun tindakan pelecehan. Dengan begitu maka ke depan tidak lagi menemukan TKI yang bermasalah.

Insha Allah kita akan memberikan yang terbaik untuk para diaspora diseluruh dunia. Negara Kesatuan Republik Indonesia harga mati.

Selamat dispora, mari kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dimanapun berada. Hidup Diaspora. Hidup Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI harga mati.

Wassalamualaikum WW.