caleg calegdiasporaFarouk Abdullah Alwyni, SE., MA., MBA | KYC Diaspora
Change your cover photo
Change your cover photo
Mari Ciptakan Negara yang Bermanfaat untuk Semua
This user account status is Approved

This user has not added any information to their profile yet.

Partai Keadilan Sejahtera
6
628119919559

Surat Terbuka untuk Diaspora:

Salam Kepada Diaspora di Seluruh Dunia,

Kita semua menyadari bahwa jalan politik bukanlah satu-satunya jalan untuk membangun Indonesia. Masih banyak jalan lain seperti perjuangan dalam bidang pendidikan dan kebudayaan sebagai pilar-pilar yang tidak dapat dikesampingkan dalam membangun Indonesia ke arah yang lebih baik. Namun ada beberapa persoalan penting dan genting yang harus diselesaikan secara cepat dan efektif. Untuk menyelesaikannya, perjuangan politik menjadi salah satu jalan yang paling menjanjikan untuk melakukan suatu perubahan.

Salah satu persoalan penting tersebut adalah hak warga negara yang terabaikan dan bahkan terancam khususnya yang menyangkut harta dan nyawa. Kewajiban negara dalam memberikan jaminan keamanan kepada warga negara merupakan fungsi utama selain memberikan hak-hak sosial dan politik. Penegakan hak ini tidak hanya mencakup para warga negara dalam konteks domestik namun juga kepada seluruh warga negara Indonesia di manapun mereka berada yang juga merupakan bagian dari diaspora Indonesia.

Tanpa mengecilkan komponen lainya dalam diaspora, para pekerja migran adalah salah satu bagian penting dan dominan dari kelompok diaspora Indonesia di dunia. Tetapi ironisnya, tenaga kerja migran, khususnya “unskilled workers”, adalah kelompok yang paling rentan tercabut hak-hak sosial, ekonomi, dan politiknya.

Padahal jika ditinjau secara lebih jauh, fenomena tenaga kerja migran adalah dampak dari terbatasnya lapangan kerja di tanah air, yang juga merupakan satu bentuk kelemahan pemerintah yang berkuasa untuk menyediakan lapangan kerja bagi segenap rakyat Indonesia dan/atau menciptakan iklim yang kondusif bagi terbukanya lapangan kerja yang baik di dalam negeri.

Usaha yang dilakukan oleh para diaspora ini untuk berjuang hidup ke luar negeri seharusnya mendapatkan perhatian yang serius dari pemerintah dengan memberikan pelayanan dan perlindungan yang baik melalui segenap perwakilan Republik Indonesia di luar negeri (KBRI/KJRI). Karena pada esensinya itu adalah bagian dari tanggung jawab KBRI dan KJRI di manapun mereka berada. Mereka harus mempunyai jiwa pelayanan yang baik untuk para diaspora kita, bahkan lebih dari itu harus siap “fight” jika ada hal-hal yang dapat mengancam hak-hak hidup dan ekonomi mereka.

Namun saat ini, harapan tersebut belum terkadang belum dapat diwujudkan secara baik. Banyak sekali kasus dimana tenaga kerja kita diperlakukan dengan tidak baik di negara mereka bekerja, bahkan tidak jarang kita mendengar perwakilan RI di luar negeri seakan tidak peduli dan tutup mata terhadap persoalan-persoalan yang terjadi. Lebih buruk lagi bahkan mempersulit proses kepulangan mereka dalam beberapa kasus tertentu di Malaysia.

Bahkan saya sendiri sering sekali mendengar berbagai macam keluhan dan masukan langsung dari teman-teman pekerja terkait lemahnya pelayanan birokrasi kita di luar sana.  

Berangkat dari hal itu, saya Farouk Abdullah Alwyni mengajak seluruh diaspora di seluruh dunia untuk dapat melakukan perubahan ini melalui jalur politik pada pemilihan legislatif nanti.

Dengan segenap pengalaman hidup di luar negeri dan kemampuan yang saya miliki, izinkan saya untuk berusaha melalui jalur parlemen ini agar dapat mengawasi dan memastikan pemerintah melakukan tugasnya dalam hal memberikan pelayanan dan perlindungan yang optimal bagi seluruh diaspora Indonesia di seluruh Dunia, khususnya bagi saudaraku para pekerja migran, apapun status mereka saat ini karena walau bagaimanapun mereka adalah tetap WNI yang perlu dilayani dan dilindungi.

Hal lain yang saya ingin dorong adalah agar pemerintah dapat membangun kapasitas mereka selama di luar negeri agar ketika satu waktu kembali ke dalam negeri mereka bisa menjadi para wirausaha yang mandiri dan berkecukupan.

Semua hal di atas InsyaAllah dapat diwujudkan salah satunya dengan membangun birokrasi pemerintahan yang bersih, melayani, mau bekerja “extra mile”, dan akuntabel.

Sungguh, dalam setiap kunjungan saya ke berbagai daerah di luar negeri untuk bertemu kawan-kawan pekerja migran, selama proses pencalegan ini, mengingatkan saya tentang pentingnya mewujudkan birokrasi yang melayani guna menciptakan kehadiran negara di mata warganegaranya.

Untuk saudara-saudariku diaspora lainnya yang sedang berjuang dalam bidang lainnya, saya mengajak agar terus menjaga semangat kebersamaan kita. Saya yakin bahwa jauhnya raga-raga saudara/i dari tanah air tidak menipiskan dan melunturkan rasa keperdulian dan kebersamaan yang saudara/i miliki.

Teruslah berkarya dengan segala potensi yang kalian miliki dan tetaplah peduli terhadap segala tantangan dan perjuangan yang kita sebagai bangsa sedang hadapi. Jadilah bagian dari kekuatan kebaikan untuk mewujudkan Indonesia yang adil, sejahtera, beradab, maju, dan pada akhirnya dapat memainkan peran di percaturan Internasional.  

Saya menyadari bahwa masih banyak persoalan terkait diaspora lainnya yang masih memerlukan perjuangan seperti isu dwi kewarganegaraan untuk para WNI yang telah tinggal di luar negeri dan/atau semacam aturan main yang memudahkan bagi WNI yang hidup di luar negeri tetapi dari waktu ke waktu mempunyai keperluan di Indonesia. Hal ini pun InsyaAllah menjadi salah satu poin perjuangan saya di parlemen kedepannya dalam rangka mengoptimalisasi segala potensi sumber daya manusia yang Indonesia miliki baik di dalam maupun di luar negeri.

Di akhir, saya ingin menegaskan bahwa seluruh harapan ini bukanlah khayalan semata. Karena PKS sebagai fraksi  telah banyak memperjuangkan aspirasi rakyat di DPR. Peningkatan anggaran pendidikan adalah salah satu contoh nyata keberhasilan PKS dalam memperjuangkan hak-hak warga negara.

Semoga PKS sebagai sebuah entitas perjuangan bagi rakyat Indonesia dapat terus mengoptimalkan perannya, terlebih lagi jika PKS memiliki tambahan anggota parlemen yang mempunyai pemihakan kepada masyarakat kebanyakan dan juga kapasitas dalam memastikan pelaksanaannya.

InsyaAllah bersama kita akan dapat memberikan yang terbaik untuk para diaspora di seluruh dunia. Karena kita menginginkan agar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini dapat bermanfaat bagi semua warga negara Indonesia, baik yang di dalam negeri maupun di luar negeri, dan bukan sekedar dinikmati oleh sekelompok kecil elite yang mempunyai akses ekonomi & politik. Kita ingin pemerintah yang berkuasa di NKRI ini nantinya juga mempunyai komitmen yang jelas untuk melayani dan melindungi para warganya dimanapun mereka berada, khususnya bagi para warga yang lemah, yang tertindas, dan yang sedang dirundung masalah, sebuah tempat mengadu dan memecahkan masalah InsyaAllah.

Salam diaspora untuk kita semua.